Hot!

Tau Gak Sih !! Alasan kenapa kita suka banget selfie


kitamuda Berapa banyak selfie yang ada di smartphone-mu sekarang?!
Jika setiap menitnya setiap orang melakukan satu selfie (foto tanpa bantuan orang lain dengan objek wajah sendiri), coba bayangkan berapa foto selfie yang dihasilkan dalam sehari!  Kalau Kawan Muda lagi buka instagram, coba deh cari foto dengan tagar selfie (#selfie). Wow, jumlahnya sudah lebih dari 280 juta, lho!
Perlu digaris bawahi ya kalau itu cuma foto yang ada di instagram saja, nggak termasuk sosial media lainnya. Belum lagi foto yang hanya singgah manis di smartphone, laptop, atau kamera digitalmu.

Dewasa ini, selfie (baik sendiri maupun bareng-bareng) udah menjadi “makanan” sehari-hari.  Hal yang kiranya instagramable atau pinterestable kamu foto lalu unggah deh di sosial media.  Hmm, narsis banget nggak sih kelihatannya dikit-dikit suka selfie?

Eits, jangan salah! Orang yang suka selfie nggak berarti narsis, kok. Menurut dosen psikologi University of Cambridge, Terry Apter, selfie adalah cara kita menggambarkan diri dan menunjukkan status kita ke orang lain. Selfie juga membantu membentuk pandangan orang lain tentang diri kita.
Selain itu, ini nih 4 alasan lain kenapa seseorang bisa suka banget selfie dan melihat wajah orang lain:

1. Kita suka selfie karena orang-orang lebih notice sama wajah kita daripada hal-hal lain

via: fashionztrend.com
via: fashionztrend.com
Kamu harus tahu Kawan Muda kalau ternyata foto profil dan avatar sangat menentukan lho apakah orang mau intip sosial mediamu atau nggak. Dan hal pertama yang dituju banyak orang saat buka sosial media adalah cek foto profil kamu!
Ngerasa nggak kalau foto selfie kamu di instagram rata-rata dapat banyak likes daripada foto hal-hal random yang kamu pikir lebih instagramable?
2. Selfie juga membantu kamu menciptakan “koneksi” dengan orang yang sedang melihat fotomu (meskipun kamu gak bertemu dengan dia langsung)

via: thesqeez.com
via: thesqeez.com
Layaknya orang jatuh cinta pada pandangan pertama,saat kamu melihat foto dengan wajah seseorang di dalamnya, kamu cenderung akan melihat ke arah yang dituju oleh orang di dalam foto.
Ketika dia melirik ke kiri kamu juga akan ikut melihat sisi layar sebelah kiri.
3. Kalau udah ada “koneksi” gitu, liat foto selfie ternyata bisa bikin orang jadi empati

via: medscape.com
via: medscape.com
Melihat foto orang lain membantu kita membuat keputusan yang lebih baik dan bahkan lebih mudah untuk memahami satu sama lain.
Bahkan, para dokter akan lebih empati kepada pasiennya setelah melihat foto sang pasien. So sweet, kan???
4. Sekali lagi, suka selfie itu bukan narsis kok. Selfie malah membantu kamu untuk lebih percaya diri dan menghargai kelebihan dalam diri

via: techtimes.com
via: techtimes.com
Melalui selfie kamu bisa menunjukkan ‘ini lho diriku yang sesungguhnya’ kepada dunia.
***
Kesimpulannya, sah-sah saja kok kalau Kawan Muda mau selfie.Tapi ingat, jangan sampai demi selfie saja kamu nekat bahkan nggak peduli akan bahaya di sekitarmu. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu pada pemuda di India yang hampir tertabrak kereta karena nekat selfie dengan tiduran di rel. Serem kan!