Hot!

Sayang belum tentu cinta, ini dia 5 perbedaannya


kitamuda.id Banyak yang mengira bahwa cinta adalah sayang, padahal ini jelas berbeda. Dalam cinta memang harus diawali dengan rasa sayang, tapi tidak semua rasa sayang selalu berakhir dengan cinta. Ini yang kadang membuatmu bingung, apakah kamu benar-benar cinta atau ternyata kamu cuma sayang saja?
Setidaknya ada 5 perbedaan yang harus kamu tahu sebelum kamu terlalu jatuh dalam kebimbangan apakah yang kamu rasakan itu cinta atau sayang. Ingat, sayang belum tentu cinta. Dan inilah perbedaannya :

1. Cinta memberi tanpa pamrih, sedangkan sayang selalu meminta.


Foto : pinterest.com
Kamu hanya ingin bahagia karenanya dengan cara apapun. Kamu tergantung padanya dan bahkan mengendalikannya agar selalu tetap di sisimu. Ketika masalah datang, kamu selalu mencarinya untuk memberimu harga diri dan merasa hanya dia yang bisa mengisi segala kekosongan yang ada di dirimu. Intinya, dia yang bertanggung jawab untuk kebahagiaanmu. Ini jelas bukan cinta.
Cinta seharusnya membuat kamu selalu ingin membahagiakannya dan bahagia bersama. Kamu tidak pamrih apalagi untuk sekedar berdebat tentang hal-hal kecil. Tidak ada usaha darimu untuk mendominasi hidupnya apalagi hubunganmu dengannya. Buatmu, keberadaannya memang menyempurnakan hidupmu tapi kamu menyadari tak berhak mengambil alih seluruh hidupnya.


2. Cinta itu membebaskan, sayang cenderung mengatur-atur.


Ftoo : pexels.com
Bukan berarti cinta itu tidak mengatur, hanya saja tidak semua hal di dirinya harus kamu yang atur. Karena itu cinta disebut membebaskan, kamu memberinya ruang agar dia tetap menjadi dirinya dengan kekurangannya. Sudah pernah dengar kalau cinta itu artinya saling melengkapi? Kekurangannya kamu tambal dengan kompromimu.
Sedang rasa sayang sering kali membuatmu selalu ingin mengaturnya, tahu apa yang dilakukannya dan justru melarangnya melakukan apa yang sudah jadi kebiasaannya. Hubungan yang cuma mengandalkan rasa sayang berpotensi menjadi hubungan yang tidak sehat. Tidak peduli bagaimana perasaannya, pokoknya kamu hanya ingin dibahagiakan sepihak.

3. Cinta itu berkembang bersama, sayang sering kali membebani.


Foto : pixabay.com
Kamu akan tahu itu adalah cinta ketika kamu dan dia bersama-sama mencari jalan tengah agar kalian bisa berkembang bersama. Membangun hubungan ke jalan yang sama, mendukung karir satu sama lain hingga memberikan dan memegang kepercayaan dengan porsi cemburu yang cukup. Cinta membuatmu merasa tidak terbebani oleh hal penting kecil seperti sekedar lama balas chat.
Tapi ketika itu bukan cinta, kalian selalu kesulitan memecahkan masalah kecil sekalipun. Kamu selalu bergantung padanya hingga ia pun merasa terbebani dan perlahan risih. Kalau tak segera disadari, kamu bisa benar-benar hanya menghalangi langkahnya dan bukannya memudahkan.

4. Cinta tidak mementingkan ego, sayang sering kali egois.


Foto : www.pexels.com
Klise sekali ketika ada yang mengatakan ketika kamu mencintai seseorang maka hubunganmulah yang lebih penting ketimbang egomu. Tapi ini benar adanya. Ketika benar-benar mencintai kamu sering mengurangi egomu tapi tidak merendahkan harga dirimu. Dengan begini, hubunganmu akan mengarah ke perubahan yang lebih positif.
Namun ini sering kali tidak terjadi di sebuah hubungan yang hanya mengandalkan rasa sayang. Beberapa pasangan yang tidak memiliki cinta sering kali putus nyambung dan berhadapan dengan masalah yang sama. Mengapa? Karena di antara dua pihak tidak ada yang mau mengalah tapi ingin tetap bertahan.

5. Cinta membuatmu ingin bertahan, sayang kadang hanya timbul sementara.


Foto : pixabay.com
Semua orang pasti ingin dihampiri cinta, tapi tidak ingin cinta yang yang sekedar mampir. Cinta sejati tidak akan lekang oleh waktu. Ketika benar-benar jatuh cinta, dia menempati ruang spesial di hatimu dan kamu akan selalu berharap yang terbaik untuknya dengan atau tanpamu.
Tapi tidak jika kamu hanya bermodal rasa sayang yang bergantung. Kamu bisa dengan cepat berpindah hati, tapi kamu sakit hati kalau tidak ada dia. Egois namanya, menurutmu dia wajib membuatmu bahagia tapi kamu tidak melakukan hal yang sama. Kamu juga akan merasa terkhianati jika dia tidak melakukannya.
Kalau kamu belum jatuh cinta sekarang ini, semoga kamu segera dipertemukan dengan orang yang akan menjadi soulmatemu. Seseorang yang bisa kamu cintai dan mencintaimu, yang tidak hanya hinggap tapi menetap.