Hot!

Berduka, Doa-Doa Netizen untuk Korban Gempa Aceh


Sebuah menara masjid roboh menyusul gempa 6,4 SR yang mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12). Empat orang dikabarkan meninggal dunia dan sekitar 30 warga mengalami luka-luka akibat tertimpa bangunan roboh. (Zian Muttaqien/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, gempat terjadi pada Rabu (07/12/2016), sekitar pukul 05:03 WIB.

Gempa Aceh berpusat di 5.19 Lintang Utara (LU)-96.36 Bujur Timur (BT), 18 kilometer Kabupaten Pidie, Aceh dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.
Pantauan Liputan6.com, warganet merespon bencana alam gempa Aceh tersebut dengan ucapan belasungkawa yang mengalir di Twitter dan media sosial lainnya. Malahan, ucapan duka tersebut menduduki posisi puncak Trending Topic Twitter di Indonesia. 
Meski tidak berpotensi tsunami, gempa yang dirasakan selama 15 detik itu membuat 14 bangunan roboh dan masyarakat panik. Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, pusat gempat Aceh kali ini dangkal dan berasal dari sesar aktif Samalanga-Sipopok Fault.