Hot!

Susah Bangun Pagi? Ini Dia 5 Tips Buat Anda Bisa Bangun Pagi

Foto: Satujam.com
Bangun di pagi hari bagi sebagian orang bukanlah suatu perkara yang mudah untuk dilakukan. Sehingga banyak dari kita yang terkadang menggunakan alarm agar kita dapat bangun pagi.
Padahal sering sekali kita dituntut untuk bisa bangun pagi. Anda pasti pernah mendengar pepatah yang satu ini, jangan tidur kesiangan nanti rejeki bisa dipatok ayam.
Apapun alasan Anda, sebagai seorang muslim alasan utama kita harus bangun pagi adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Berikut ini kami akan memberikan tips-tips sederhana yang dapat kamu aplikasikan supaya terbiasa bangun di pagi hari.
Berikut adalah tips-tips ringan yang disusun berdasarkan pengalaman nyata dikutip dalam muslimkece.com:
1. Luruskan Niat
Niat adalah hal yang penting sebelum kita melakukan sesuatu. Ibarat kita hendak mengirimkan surat, alamat surat tersebut ibarat sebuah niat, apabila kita salah dalam berniat maka surat tersebut tidak akan pernah sampai ke tujuan.
Seperti yang telah penulis ulas singkat diawal, banyak motif-motif seseorang dalam bangun pagi. Bahkan di era modern ini tentu kita sering mendengar kata-kata berikut dari orang tua ke anaknya sebelum tidur, “Ayo segera tidur, biar tidak kesiangan, nanti bisa terlambat sekolah”. Ini adalah hal yang keliru. Dari kecil si anak sudah diajarkan orientasi bangun pagi untuk hal duniawi terlebih dahulu. Harusnya sejak kecil si anak sudah diajarkan orientasi akhirat, sehingga orang tua harusnya berkata, “Ayo segera tidur, biar tidak kesiangan, supaya tidak terlambat shalat subuh”.
Coba diniatkan Anda bangun pagi untuk beribadah kepada Allah SWT, seperti shalat tahjjud, shalat subuh, insyaAllah Anda akan lebih mudah terjaga di pagi hari, lakukan ini secara kontinu. Jangan lupa baca doa sebelum tidur, setelah baca doa utarakan niatan kita didalam hati.
2. Hindari Bergadang yang tidak perlu
Aktivitas malam biasanya juga menentukan seseorang bangun di pagi hari. Apabila Anda hendak bangun di pagi hari coba kurangi dan hilangkan aktifitas malam kamu yang dirasa tidak perlu, seperti menonton televisi, stalking di instagram dan path, main dota dan game online lainnya. Jika sudah tidak ada kegiatan yang urgent, segeralah langsung istirahat seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.
3. Minum air putih sebelum tidur
Meminum air putih sebelum tidur juga dapat mengoptimalkan agar kita bisa bangun di pagi hari. Mengapa? Ketika Anda meminum air, air tersebut akan masuk kedalam tubuhmu dan dikelola oleh ginjal. Hal tersebut dapat mendorong kamu untuk ke kamar kecil ketika di pagi hari. Sehingga hal tersebut dapat juga membantu kamu bangun melalui alam bawah sadar.
4. Hindari kekenyangan sebelum tidur
Makan malam yang berat dan banyak dapat membuat kita menjadi kekenyangan. Apabila Anda berkomitmen agar bisa bangun di pagi hari, coba hindari makanan yang berat-berat pada malam hari. Hal ini hanya akan membuat lambung berkerja lebih keras dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Hal ini dapat memicu penyakit insomnia atau susah tidur. Disamping itu kebiasaan ini tidak baik karena dapat menimbulkan penyakit-penyakit lainnya seperti diabetes, kolestrol, dan dapat menyebabkan obesitas pada seseorang.
5. Kurangi Bermaksiat
Maksiat yang kita lakukan seperti setitik noda kecil didalam hati. Semakin sering kita lakukan maka noda tersebut akan menjadi lebih banyak dan lambat laun noda tersebut akan penuh menutupi hati kita. Apabila Anda telah melakukan hal-hal diatas namun ternyata masih juga belum bisa bangung pagi, mungkin inilah penyebabnya.
Coba Anda renungkan kembali sekiranya perbuatan apa yang telah kamu lakukan ada siang harinya. Coba dari sekarang kita coba meninggalkan hal-hal yang telah diharamkan oleh Allah SWT, InsyaAllah apabila kita telah berusaha untuk meninggalkan maksiat tersebut, kita tidak perlu alarm yang akan membangunkan kita