Hot!

Merusak Harga Pasar, Dell Luncurkan Laptop Gaming Harga Murah

Foto : jalantikus.com
Perhelatan dalam industri teknologi saat ini memang semakin ketat. Para pengembang baik itu laptop, komputer ataupun smartphone, semua didorong untuk terus berinovasi. Tanpa melakukan inovasi, bukan tidak mungkin perusahaan mereka akan tertinggal dan bankrut.
Berbicara mengenai inovasi, beberapa pekan lalu kita tahu bahwa laptop gaming Alienware besutan Dell telah hengkang dari Indonesia. Tampaknya Dell memberikan cukup perhatian akan hal ini, dibuktikan dengan inovasi barunya yang meluncurkan sebuah laptop gaming dengan harga terjangkau. Penasaran?

Dell Luncurkan Laptop Gaming dengan Harga Terjangkau, Benarkah?

Dell merupakan sebuah merek produk komputer yang sudah mendunia. Salah satu hal yang membuat Dell terkenal adalah produk komputer gaming-nya yang diberikan kode nama Alienware. Alienware sendiri terkenal karena sudah terbukti akan kemampuan dan kualitasnya sebagai produk komputer gaming.
Namun beberapa pekan lalu datang sebuah kabar dari pihak Dell dan Alienware. Dikabarkan karena kurang laku, akhirnya Alienware milik Dell terpaksa hengkang dari Indonesia. Hal ini dapat dipahami, karena memang meskipun produk Alienware tergolong sangat baik, harganya pun tergolong sangat tinggi.
Melihat hal ini tampaknya tidak membuat Dell menyerah dan diam begitu saja. Tidak lama, rupanya Dell kembali berinovasi. Dikabarkan baru saja Dell meluncurkan seri laptop gaming terbarunya dengan harga terjangkau, yaitu New Inspiron 15 7000 Gaming.
Foto : Cnet
Harga yang ditawarkan oleh Dell benar-benar menarik dan mengubah mindset harga laptop gaming yang saat ini cenderung mahal. Dell membanderol laptop gaming terbarunya tersebut dengan harga mulai dari US$799 atau Rp 10,7 Juta.
Nah, kira-kira seperti apa spesifikasi lengkapnya? Berikut Jaka kasih tahu.
DetailSpesifikasi
MerekDell
TipeNew Inspiron 15 7000 Gaming
Prosesori5-7300HQ Quad Core
GrafisNviida GTX 1050 4GB GDDR5
Layar15.6-inch 1920 x 1080 Anti-Glare LED-Backlit Display
RAM8GB 2400MHz DDR4, mendukung hingga 32GB
Ruang Penyimpanan1TB 2.5-inch (5,400 RPM) SSHD 8GB
Harga KisaranRp 10 Juta

Jadi Apakah Laptop Ini Menarik?

Nah, apakah laptop ini menarik atau tidak? Mari simak analisis singkat Jaka berikut.
Kemampuan sebuah kartu grafis pada kasus gaming penting sekali. Dahulu permasalahan yang terus dialami oleh para gamer laptop adalah dengan terpangkasnya kemampuan kartu grafis untuk versi laptop. Hal ini ditandai dengan huruf "M" pada akhirkan kartu grafisnya.
Dahulu laptop gaming yang mempergunakan GTX 970M, pada umumnya harganya kisaran Rp 25 juta ke atas. Sementara GTX 960M ada dikisaran Rp 20 juta ke atas. Lalu untuk GTX 950M ada dikisaran Rp 13 juta ke atas. Nah, hal ini akan menarik apabila kita membuat bagan berdasarkan data ini. Berikut bagannya.
Kartu GrafisBenchmark FuturemarkKisaran Harga Laptop Gaming
GTX 970M9640 PoinRp 25 Jutaan
GTX 10508610 PoinRp 10 Jutaan
GTX 960M5340 PoinRp 20 Jutaan
GTX 950M4410 PoinRp 13 Jutaan

Kesimpulan

  • Ada dua buah revolusi teknologi pada laptop gaming di sini. Satu, yaitu perubahan dari arsitektur Maxwell ke Pascal yang memiliki jarak performa yang jauh. Lalu yang kedua adalah dengan hilangnya pemangkasan performa pada kartu grafis untuk laptop gaming, ditandai dengan hilangnya huruf "M" pada nama akhir kartu grafisnya.
  • Hal ini membuat harga pasaran laptop gaming dengan kartu grafis seri GTX 9XXM kemungkinan besar akan terjun bebas. Dapat dipahami, karena versi desktop sendiri mengalami hal yang sama pada saat awal perpindahan generasi dari Maxwell menuju Pascal.
  • Apabila kamu yang hanya fokus pada masalah performa gaming, laptop gaming harga terjangkau ini Jaka rasa akan cocok dengan kamu.
Nah, itulah dia barusan berita dari Jaka mengenai Dell yang meluncurkan sebuah laptop gaming dengan harga terjangkau. Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu tertarik untuk memilikinya? Tinggalkan pendapatmu di kolom komentar ya!
Sumber : Jalantikus.com