Hot!

Tahu Nggak Mengapa Minggu Ditetapkan Sebagai Hari Libur? Ini Alasannya


Jika ditanya hari apa yang paling kamu tunggu, pasti kamu akan menjawab hari Minggu bukan? Tentu saja, karena hari Minggu merupakan hari dimana kamu bisa berhenti sejenak dari segala aktivitas yang menyibukkan.
Lalu pernah tidak sih kamu kepikiran kenapa harus hari Minggu yang dijadikan hari libur? Kenapa tidak hari lainnya?

Berawal dari bangsa Romawi.

Sebenarnya, liburan hari Minggu berasal dari tradisi Romawi Kuno di Italia. Pada saat itu orang Romawi Kuno beribadah di hari Minggu. Maka dari itu mereka libur di hari Minggu. Selain itu, mereka menandai liburan dan hari penting lainnya dengan warna merah.
Bangsa Romawi adalah bangsa yang menguasai banyak negara di Benua Eropa. Diantaranya Belanda, Inggris, Prancis, Jerman dan negara lain. Sehingga tradisi liburan hari Minggu juga diterapkan di negara jajahan Romawi.

Indonesia mengikuti jadwal tersebut.

Dari sinilah awal mula mengapa Indonesia juga menggunakan hari Minggu sebagai hari libur. Belanda merupakan salah satu negara jajahan Bangsa Romawi yang kemudian menduduki Indonesia selama 350 tahun.


Hingga saat ini, pemerintah Indonesia menetapkan hari Minggu sebagai libur nasional. Kalender Indonesia juga mewarnai hari libur dengan warna merah. Tradisi libur di hari Minggu ini juga dipakai oleh banyak negara.
Namun kira-kira ada tidak ya negara yang tidak menggunakan hari Minggu sebagai hari libur? Ternyata Arab dan Yahudi tidak menetapkan hari Minggu sebagai hari libur lho! Bangsa Arab menetapkan hari libur adalah pada Jumat. Mereka beranggapan bahwa Jumat adalah hari yang paling suci dan untuk beribadah. Sedangkan Yahudi memilih Sabtu sebagai hari libur mereka, dengan alasan yang sama dengan bangsa Arab.