Hot!

Cara Cerdas Menghilangkan Rasa Pedas di Mulut Dengan Cepat

cara menghilangkan rasa pedas
Warna Unyu ~ Salah satu bentuk ke khasan yang dituangkan dalam seni memasak di Indonesia adalah dengan adanya bumbu yang memiliki rasa pedas yang digabungkan sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah makanan yang khas nan lezat.

Rasa pedas sendiri disebabkan oleh adanya senyawa capsiacin yang terkandung dalam makanan. Senyawa ini termasuk dalam Capsaicinoid yang banyak terdapat pada tumbuhan seperti cabai. Senyawa ini akan menimbulkan rasa pedas jika kita mengkomsinya.

Bagi sebagian besar penikmat makanan, rasa pedas akan memberikan sensasi tersendiri saat mulai memakan makanan tersebut maupun after teste nya. Tidak heran banyak penikmat makanan menjadikan mekanan dengan rasa pedas sebagai salah satu makanan favorit mereka.
Namun, bagaimana jika kamu mengkonsumsi makanan dengan rasa pedas yang berlebihan ? pasti susah kan mengatasinya. Keep Calm, kamu bisa mencoba beberapa cara cerdas berikut ini.

5 Cara cerdas menghilangkan rasa pedas di mulut

1. Jangan minum air dingin, sebaliknya minumlah air hangat 

cara menghilangkan rasa pedas
Mengapa demikian ? Karena capsaicin adalah senyawa minyak yang tidak akur dengan air. Makanya jika kamu memimun air mineral setelah makan makanan pedas itu cuma membuat kamu kembung. Sebaliknya, minumlah air hangat untuk mengatasinya. Mengapa air hangat ? karena jika kita minum air hangat setelah makan, akan terjadi pelebaran pembuluh darah mukosa. Akibatnya, supplay oksigen dan makanan dari pembuluh darah ke sel mukosa akan kembali lancar. Pelepasan mediator imflamasi dari sel mukosa juga akan berkurang. Sehingga akan mempercepat penghilangan rasa pedas di mulut.

2. Minum susu juga bisa mengatasinya

cara menghilangkan rasa pedas
Cara cerdas menghilangkan rasa pedas di mulut lainnya adalah dengan cara minum susu. Mengapa susu ? Karena susu memiliki senyawa yang bernama casein. Senyawa ini bersifat mengikat capsaicin yang memberi rasa peda pada makanan yang kamu konsumsi. Setelah diikat, capsaicin-pun akan ikut bersama casein ke lambut. Hal ini akan membuat mulut kamu lebih cepat menghilangkan rasa pedas.

3. Makan yoghurt

cara menghilangkan rasa pedas
Yoghurt juga bisa menjadi salah satu pilihan minuman untuk menghilangkan rasa pedas dengan cepat di mulut kamu. Sama seperti susu, yoghurt juga memiliki senyawa casein yang bersifat mengikat capsaicin dalam makanan.

4. Hilangkan rasa pedas dengan jeruk nipis

cara menghilangkan rasa pedas
Cara cerdas lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa pedas di mulut adalah dengan jeruk nipis. Caranya potong jeruk nipis dan letakkan di lidah atau kamu juga bisa membuat air hangat + jeruk nipis. Kandungan rasa asam jeruk nipis ini dapat mendinginkan lidah yang terbakar karena senyawa capsaicin tadi.

5.  Makanlah selai kacang

cara menghilangkan rasa pedas
Jika disekitar kamu terdapat selai kacang, itu bisa membantu kamu untuk menghilangkan rasa pedas di mulut. Senyawa lemak yang terdapat dalam selai kacang bersifat "pro" terhadap capsaicin yang sama sama minyak. Senyawa lemak ini juga akan mengikat capsaicin dan mendorongnya menuju lambung.

6. Nasi juga bisa mengatasi rasa pedas

cara menghilangkan rasa pedas
Nasi adalah karbohidat kompleks yang dapat dipecah menjadi gula-gula yang lebih sederhana seperti glukosa. Glukosa inilah yang dapat membantu menjinakkan capsaicin yang terpapar dalam mulut kita. Makanlah nasi putih dengan kunyahan yang lama dimulut, itu akan bisa menetralkan pedas di mulut kamu.

7. Atasi dengan gula

cara menghilangkan rasa pedas
Jika kamu kekenyangan jika harus memakan nasi lagi, kamu bisa mencoba gula. sama seperti nasi yang menggandung glukosa, gula juga dapat menetralkan rasa pedas. Caranya, makan butiran gula dan diamkan dimulut hingga meleleh, kemudian buang atau telanlah cairan manis tersebut. 
Itulah 7 cara cerdas menghilangkan rasa peda di mulut dengan cepat. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, silakan share ke teman-teman kamu.