Hot!

5 PANTAI YANG WAJIB DI KUNJUNGI DI MALANG


Destinasi wisata di malang yang begitu banyak, membuat wisatawan dalam negri maupun luar negri menjadikan kota Malang sebagai salah satu kota yang wajib di kunjungi ketika ke indonesia, salah satunya adalah wisata pantainya. Inilah 5 pantai yang wajib di kunjungi ketika kamu berkunjung ke Malang.

1. Pantai Balekambang ( Miniatur Tanah Lot dari Pulau Dewata )

Foto : dotdotan.com


Pantai Balekambang terletak sekitar 60 km di sebelah selatan kota Malang tepatnya di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang, Jawa Timur.

Pantai balekambang menjadi idola tujuan wisata di Malang, pantai yang satu ini tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang ada di pulau jawa lainnya bahkan banyak orang menyebut Pantai Balekambang adalah Miniatur Tanah Lot dari Pulau Dewata. 

Akses menuju ke kesana sangatlah mudah dan cukup memadai dengan jalan aspal, untuk menuju kesana ada banyak pilihan moda transportasi. Kamu bisa memakai kendaraan pribadi, naik angkutan umum, atau motor. untuk yang ingin naik angkutan umum dari kota malang anda naik jurusan Gadang lalu di lanjutkan dengan naik angkutan jurusan Bantur.
Dari Bantur ke Balekambang sayangnya belum ada angkutan umum tapi anda tidak perlu kawatir anda bisa memakai jasa Ojek yang ada disana atau kalu anda bersama keluarga anda bisa sewa mobil untuk ke Pantai Balekambang.

untuk harga tiket masuk ke Pantai Balekambang yaitu Rp.15.000 dan di sana juga ada permainan flaying Fox yang harganya cukup murah yaitu Rp.20.000 jika anda ingin berlama lama di sana bareng keluarga anda juga bisa menyewa penginapan untuk harga sewa penginapan permalamnya yaitu Rp.150.000 s/d 240.000


2. Pantai Batu Bengkung

Foto : anomharya.com

Pantai Batu Bengkung terletak di Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, sekitar 2-3 jam perjalanan mengunakan mobil dari Kota Malang, untuk ke pantai batu bengkung dari perempatan pantai balekambang ambil arah kiri/timur, Jarak dari pantai bale kambang ke pantai batu bengkung sekitar 20 menit tiket masuk untuk ke batu bengkung Rp.5.000  untuk tarif parkirnya di bedakan sepeda motor Rp.5.000 dan untuk mobil Rp.10.000.

Pantai Batu Bengkung juga memiliki fasilitas  beberapa saung / gubuk yang dapat digunakan untuk tempat berteduh sementara, toilet air tawar, warung, dan juga parkir kendaraan 24 jam. Batu Bengkung merupakan pantai yang terletak di pesisir selatan Kabupaten Malang. Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak besar, Pantai Batu Bengkung relatif tidak aman untuk berenang. Beberapa papan bertuliskan “No Swim” dan sejenisnya membuat saya semakin yakin bahwa pantai ini bukanlah untuk berenang.
Sebenarnya pengunjung bisa berenang di Pantai Batu Bengkung asalkan waktunya tepat. Ombak besar akan dipecah oleh barikade karang yang membentang sepanjang pantai. Air laut yang melewati barikade karang akan terjebak di cekungan sehingga terbentuk kolam air asin alami. Dengan adanya barikade karang yang menghalangi ombak, pengunjung relatif aman dari resiko terseret ombak. Sayangnya kolam tersebut lama-kelamaan akan hilang ketika air laut surut. Jadi, jika ingin berenang datanglah saat Pantai Batu Bengkung mengalami pasang naik

3. PANTAI GOA CINA




Setelah Batu Bengkung Lanjut ke sisi Timur nya yaitu Panti Goa Cina Malang merupakan sebuah pantai yang terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Nama asli pantai ini sebenarnya adalah Pantai Rowo Indah, konon karena pernah terjadi peristiwa kematian seorang berasal dari Cina yang sedang bertapa didalam goa dikawasan tersebut, maka pantai ini lebih sering disebut dengan pantai Goa Cina sampai sekarang.

Salah satu keunikan dipantai ini adalah keindahan ombak liar khas pantai-pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Namun ada hal yang istimewa disalah satu pantai malang selatan ini, meski berada dibagian selatan pulau Jawa, dari pantai ini kita bisa menikmati sunrise.

Selain popular dengan misteri goa fenomenal dan keindahan sunrise dipagi hari, salah satu tempat wisata di Malang selatan ini juga menyajikan fenomena alam yang langka, yakni adanya gelombang air laut bersimpangan tidak keruan dari tiga arah, yakni arah selatan, timur dan arah barat. Arus gelombang itu bertabrakan diantara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya. Dikarenakan arus gelombang demikian kuat, hal tersebut memunculkan suara bergemuruh yang sangat kencang. Inilah salah satu fenomena alam yang cukup langka di pantai Malang Selatan.


Sebenarnya area Pantai Goa China tidak begitu luas, namun dengan adanya tiga pulau yang berada ditengah-tengah pantai membuat pandangan lebih indah. Tiga pulau tersebut adalah Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina dan Pulau Nyonya. Dan dipinggir pantai terlihat cukup asri, pohon-pohon berbagai jenis tampak berjajar rapi di area pinggir pantai. Pohon-pohon ini cukup meneduhkan pengunjung, apalagi dibibir pantai yang cukup jernih hingga kelihatan batu karangnya.

Posisi goa cina terletak disebelah kanan pantai dengan jarak sekitar 50 meter serta berada dibukit karang. Goa cina tersebut sebenarnya tidak begitu bagus, bentuknya seperti rongga biasa yang menjorok sekitar 8 meter dengan ketinggian sekitar 2 meter.

Harga tiket masuk ke goa cina yaiu Rp.10.000/orang disana juga ada berbagai fasilitas terdapat dipantai goa cina misalnya warung makan, musholla, masjid, kamar mandi, dan tempat parkir akan membuat liburan Anda terasa menyenangkan.



4. Pantai Sendang Biru





Panti sendang biru adalah salah satu objek wisata di malang yang patut di kunjungi, pantai ini berjarak sekitar 70 km dari Kota Malang tepatnya di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang.

Nama sendang biru sendiri diambil dari bahasa jawa yang artinya sumber air berwarna biru benar saja air di sendang biru ini berwarna kebiru biruan dan sangat jernih.

Harga tiker masuk ke pantai ini cukup murah yaitu Rp.5.000. Panti ini juga menjadi tempat berlabuhnya perhau-perahu nelayan dan pelelangan ikan. Anda juga bisa menyewa perahu-perahu tersebut untuk berkeliling kepantai dan menikmati pemandangan yang begitu menakjubkan seperti hamparan pasir putih, pepohonan hijau, deretan kapal nelayan yang berjejer di panti ini, juga angin yang sejuk, unutk harga sewa perahu dayung harganya Rp.50.000 dan untuk perahu bermotor yaitu Rp.100.000.

Tak heran jika sendang biru menjadi salah satu pantai yang menjadi idola di Malang.


5. Pantai Tiga Warna


Foto : www.youtube.com/Igor Backpacker


Selanjutnya ada Pantai Tiga Warna pantai yang lagi ngetrend ini terletak di Desa Tambak Rejo, Pedukuhan Sendang Biru, Kec. Sumber Manjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Untuk sampai di pantai ini, jika kamu dari pusat kota Malang, ikutilah arah ke Dampit – Turen, kemudian kamu akan menemukan plang wisata, kiri ke Pantai Sendang Biru, dan kanan ke Pantai Balekambang, ambil arah kiri ke Pantai Sendang Biru dan ikutilah jalan itu hingga kamu sampai di pemukiman warga dan menemukan plang wisata ke Clungup Mangrove Conservation.
Sampai disitu kamu tinggal ikuti plang tersebut hingga sampai di pintu utama Clungup Mangrove Conservation, kalau kamu naik sepeda motor kamu langsung bisa mengendarainya hingga pintu utama tersebut, tapi kalau berkendara dengan mobil, kamu tidak bisa mengendarainya, kamu harus jalan kaki yang cukup jauh (<1km) atau bisa juga naik ojek yang ada di sana. 
Pantai ini masih berada di satu wilayah konservasi dengan Pantai Clungup dan Pantai Gatra. Sebelum ke pantai tiga warna malang, kamu juga akan melewati pantai gatra dan pantai clungup, Jadi, kalau kamu berniat wisata ke pantai tiga warna, jangan lupa sekalian menikmati pantai clungup dan pantai gatra ya. Lagian di pantai gatra dan pantai clungup kamu juga bisa camping dengan peralatan yang bisa disewa di sana.
Di Panti Tiga Warna ini selain kita bisa menikmati indahnya pantai kita juga bisa menyewa peralatan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut pantai tiga warna

Harga Tiket dan Biaya Sewa

  • Tiket masuk Rp. 5.000 per orang.
  • Sewa guide Rp. 100.000 per rombongan. 1 rombongan = 10 orang, jika rombongan kamu tidak sampai 10 orang, kamu bisa gabung dengan orang lain. Kamu wajib sewa guide untuk tracking menuju pantai tiga warna.
  • Sewa tenda Rp. 25.000 per tenda.
  • Sewa lahan untuk camping Rp. 25.000 per lahan.
  • Sewa set snorkeling (pelampung + kacamata + alat bantu nafas) Rp. 15.000 per set.
  • Biaya reservasi pantai tiga warna Malang sebesar Rp. 100.000 per rombongan, 1 rombongan maksimal 10 orang. Untuk reservasi bisa dilakukan via telepon ke nomor 0812-3333-9889. Jika kamu tidak melakukan reservasi, kemungkinan besar kamu akan kecewa karena kuota jumlah pengunjung akan penuh.
  • Denda Rp. 100.000 per sampah yang ditinggalkan. Kalau kamu gak mau bayar denda, maka jagalah kebersihan di sana. Setiap barang yang kamu bawa, semuanya akan dicatat ketika kamu sampai di pintu masuk Clungup Mangrove Conservation, dan ketika kamu mau keluar di pintu utama tersebut, sampah bawaan kamu akan dicek.
Yuk buat teman teman yang sedang berkunjung ke Malang tidak ada salahnya berkunjung ke 5 pantai yang indah-indah ini gak afdol rasanya kalo ke Malang gak mantai dulu ( happy traveling )